Tuesday 9 February 2016

Perkembangan IPTEK semakin mendorong upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi untuk proses belajar. Diperlukan adanya inovasi media pembelajaran untuk menyampaikan bahan dan informasi pengetahuan kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk Multimedia Interaktif,  mendeskripsikan kelayakan media berdasarkan penilaian para ahli dan respon siswa. Media pembelajaran yang dikembangkan mencakup beberapa komponen media yaitu teks, gambar, audio, video dengan muatan materi pajak penghasilan pasal 21. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Four-D Models berdasarkan teori Thiagarajan, yang terbatas pada tahap pengembangan. Multimedia Interaktif ini diuji cobakan kepada 20 siswa kelas XII Akuntansi di SMKN 10 Surabaya. Instrumen yang digunakan adalah angket terbuka dan tertutup. Hasil penelitian menunjukkan Multimedia Interaktif memenuhi kriteria sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran perpajakan pada materi pajak penghasilan pasal 21 untuk siswa kelas XII Akuntansi di SMKN 10 Surabaya.

No comments:

Post a Comment